Resep Cara Membuat Nasi Kuning Enak Gurih

Resep Nasi Kuning 

Resep Nasi Kuning - Kenapa disebut nasi kuning? Sesuai dengan warnanya yang kuning cerah nasi ini memang sangat terkenal, biasanya nongol di saat acara-acara besar, seperti acara syukuran, ulang tahun, peresmian dan lain-lain. Warna khas yang ada pada nasi ini tidak lain berasal dari rempah kunyit, dimana kunyit itu sendiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, bahkan juga kunyit dapat mengobati dan mencegah banyak penyakit berat, misalnya kanker, diabetes militus, bahkan penyakit Alzheimer. Nasi kuning yang gurih tak lain karena ada santan dalam pembuatannya. 

Dalam membuat nasi kuning tidak seribet yang anda bayangkan. Dengan bahan-bahan yang alami dan ada rempah-rempahnya sehingga tidak perlu khawatir soal kandungan gizi bagi kesehatan tubuh. Menu nasi kuning ini kadang dijadikan menu sarapan pagi, sebagai menu favorit yang sering dinikmati dan di makan hampir setiap pagi dengan harga yang terjangkau dan murah. 

Bagaimana jika anda sendiri membuat nasi kuning? Selain bisa mengobati kerinduan terhadap nasi kuning, anda juga tidak perlu repot memesan ke orang lain jika anda akan mengadakan acara spesial. Anda juga bisa menyajikan buat anggota keluarga anda tercinta. Untuk itu akan saya bagikan resep nasi kuning ini mulai dari bahan-bahannya sampai dengan langkah-langkah cara membuatnya. 

resep cara membuat nasi kuning

Resep cara membuat nasi kuning enak 

Bahan-bahan
Bawang merah 4 siung 
 Bawang putih 2 siung 
Cengkeh 2 bh 
Beras 1 ½ cangkir 
Kunyit 2 cm 
Sereh 4 btg 
Kemiri 2 bh 
Santan kental 1100 ml 
Daun salam 2 lbr 
Air (secukupnya) 

Cara penyajian
Pertama-tama haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, kemiri. kemudian tumis sampai harum, lalu tambahkan santan kental dan masak hingga mendidih. 
Kemudian masukkan santan bumbu ke dalam beras. Lalu ambil airnya dengan cara disaring. Setelah itu tambahkan cengkeh, sereh, dan daun salam lalu aduk sampai merata. 
Selanjutnya tuangkan air hingga seujung jari dari permukaan beras. Lalu masak sampai air meniris. Kemudian aduk supaya tidak berkerak pada bagian bawah. 
Setelah itu kukus selama ±15 menit atau sampai matang. Kemudian sajikan nasi kuning bersama tempe kering, telur dadar, daging bumbu, emping, kerupuk udang. 
Dan nasi kuning menu sarapan sehat dan lezat siap dihidangkan. 

Demikianlah cara membuat nasi kuning yang praktis, tapi tidak mengurangi rasa gurihnya. Apabila nasinya sudah matang, anda tinggal menambahkan pelengkap nasi kuningnya. Pelengkap nasi kuning yang disajikan misalnya kering tempe, ayam goreng, irisan timun dan sambal tomat. Dan juga jangan lupa menambahkan telur dadar irisnya. Demikian yang bisa saya sharing dalam pembuatan nasi kuning. Jangan lewatkan artikel resep bakso di blog ini selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates: